img
Kejaksaan Negeri Depok
Peningkatan Kualitas Layanan Publik

6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik


NO.

AREA PERUBAHAN,

INDIKATOR

KEGIATAN

 

6.

 

Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

 

Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik bertujuan meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat

 

 

 

 

Standar Pelayanan

 

Membuat dan menetapkan standar prosedur, biaya dan waktu pada semua jenis layanan

 

 

 

Menginformasikan SOP Pelayanan kepada publik menggunakan berbagai media yang mudah dipahami oleh masyarakat;

 

Pemasangan SOP pada area pelayanan;

 

Pemasangan Maklumat Pelayanan;

 

Membuat alur pelayanan di area pelayanan;

 

Mengumumkan jam pelayanan;

 

Mengumumkan tarif/ biaya layanan.

 

 

 

 

Membuat SOP setiap jenis pelayanan

 

 

 

Melakukan review dan perbaikan atas SOP yang sedang diberlakukan

 

 

 

Membuat ruang konsultasi/ koordinasi dengan penyidik yang terpisah dari ruang pegawai dan terpasang kamera pengawas (CCTV);

             

Membuat pos PPH PPM;

 

Membuat Pos Pelayanan Hukum;

 

Membuat Perpustakaan Datun;

 

Membuat Ruang Tahap 2 terpisah dari ruang pegawai;

 

Membuat Ruang pemeriksaan saksi yang terpisah dari ruang pegawai dan terpasang kamera pengawas (CCTV).

 

 

 

Budaya Pelayanan Prima

 

Memberikan bekal pengetahuan tentang standar pelayanan dan pelayanan prima kepada petugas pelayanan;

 

Menunjuk duta pelayanan;

 

Melakukan pelatihan kepada petugas pelayanan tentang etika pelayanan (senyum, sapa, salam).

 

 

 

 

Mensosialisasikan SOP Pelayanan dan standar pelayanan melalui berbagai media (website, sosmed, brosur, dll)

 

 

 

Memberikan punishment kepada pelaksana pelayanan yang bekerja tidak sesuai standar pelayanan;

 

Memberikan kompensasi kepada penerima layanan apabila layanan tidak sesuai standar;

 

Mengumumkan reward dan punishment tersebut kepada publik.

 

 

 

 

Membuat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang memberikan pelayanan :

-      Informasi;

-      Loket Penerimaan Surat;

-      Loket Pelayanan.

 

-      Terdapat media informasi tentang jenis-jenis layanan;

 

-      Tersedia toilet bersih;

 

-      Hiburan televisi;

 

-      Air minum dispenser. dll

 

 

 

 

Membuat inovasi pelayanan (baik IT maupun non IT) untuk menjawab kebutuhan masyarakat;

 

-      Membuat Penunjuk Arah di setiap sudut Kantor;

 

-      Parkir Prioritas; (Difabel & Wanita)

 

-      Ruang Laktasi;

 

-      Ruang Bermain Anak;

 

-      Ruang Tunggu Prioritas (Lansia, Hamil, Difabel);