img
Kejaksaan Negeri Depok

Audiensi Program Kerja Bawaslu Dengan Kejari Depok

Kepala Kejaksaan Negeri Depok Mia Banulita, S.H., M.H didampingi oleh Kepala Seksi Intelijen Andi Rio R. Rahmatu, S.H dan Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Arief Syafriyanto, S.H., M.H, beserta jajaran menerima audiensi program kerja oleh Bawaslu Kota Depok, yang dilaksanakan pada Selasa (05/03/2022) di Aula Kejaksaan Negeri Depok.

Dalam rangka persiapan Pemilihan Umum untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil presiden, serta untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pada tahun 2024, Kajari Depok mengatakan bahwa Kejaksaan siap mendukung semua kegiatan Bawaslu dalam melalukan penegakan hukum.

“Perlu ditingkatkan kerjasama yang sudah berjalan agar tidak menimbulkan akses dan kritik di masyarakat. Penyelasaian sengketa, penyelesaian kasus yang tidak menyangkut masalah hukum antar peserta pemilu (proses pemilu), atau penyelesaian persidangan melalui pengadilan TUN dapat diselesaikan oleh Bawaslu,” tutur Kajari Depok.

Disamping itu, Ketua Bawaslu Kota Depok Luli Barlini yang didampingi oleh jajarannya, mengatakan akan selalu bekerjasama terkait penegakan hukum dengan Kejaksaan Negeri Depok. Bawaslu juga akan belajar dari kegiatan pemilihan umum di masa lalu.

“Belajar dari kegiatan pilkada di masa lalu ada beberapa pelanggaran pidana oleh ASN oleh calon legislatif dan kampanye di tempat ibadah. Untuk itu kegiatan pilpres, pilgubernur, pilkada, diperlukan kerjasama penegakan hukum terpadu dengan Kejaksaan Negeri Depok,” tutur Ketua Bawaslu.

Selain itu, Kajari Depok menambahkan pihak Kejaksaan sekiranya dapat melakukan pencegahan melalui sosialisasi dengan berbagai cara seperti penyuluhan hukum, program Jaksa Masuk Sekolah, agar masyarakat tahu mengenai tata cara pemilu.

“Kejaksaan juga punya program-program yang dapat diminta keahliannya sebagai narasumber dalam kegiatan Bawaslu, karenanya kebersamaan ini agar terus ditingkatkan,“ tutup Kajari Depok.