img
Kejaksaan Negeri Depok

Sidang Perdana Kasus Hoaks Babi Ngepet

Kasus penyebaran pemberitaan bohong atau hoaks ‘babi ngepet’ yang dilakukan Adam Ibrahim (44), warga di Jalan Masjid Syamsul Iman, RT 02/RW 04 Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan mulai disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Depok. Sidang tersebut dipimpin oleh Majelis Hakim M Iqbal Hutabarat, dengan anggota Yuanne Marrieta dan Darmo Wibowo Mohammad.


Dalam sidang perdana yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri Depok pada Selasa (14/9/2021), dakwaan terhadap Adam Ibrahim dengan nomor NO. REG. PERKARA: PDM – 066/Depok/08/2021 dibacakan oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ivan Rinaldi, Putri Dwi Astrini dan Alfa Dera.


Terdakwa didakwa dengan pasal Alternatif, yakni Pasal 14 Ayat (1) dengan ancaman pidana maksimal 10 tahun, atau kedua, Pasal 14 Ayat (2) dengan ancaman maksimal tiga tahun penjara UU RI Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.


Dalam sidang tersebut, Kasi Intel Kejari Depok Herlangga Wisnu, S.H., M.H mengatakan bahwa tim penasehat hukum menyatakan mengerti dan memahami terkait dengan surat dakwaan karna dakwaannya telah cermat jelas dan lengkap oleh karena dan tidak mengajukan eksepsi atas dakwaan yang dibacakan oleh penuntut umum.


“Selanjutnya terkait dengan persidangan dilanjutkan pada tanggal 21 September 2021 dengan agenda pembuktian, ketua majelis hakim meminta terdakwa untuk dihadirkan di persidangan,” ujar Herlangga Wisnu.