img
Kejaksaan Negeri Depok

Cegah Penyebaran Virus Corona ,Ratusan Berkas Perkara Pidana Telah disidangkan Online Oleh Jaksa Depok.


Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok, telah melaksanakan sidang perkara pidana secara online (daring) melalui video conference di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Kejaksaan Negeri Depok,Yudi Triadi ,S.H,M.H mengatakan, sidang online tersebut menggunakan media video conference dengan sarana Aplikasi Zoom yang memungkinkan adanya komunikasi jarak jauh antar hakim, jaksa, terdakwa, dan saksi.

Dengan cara itu, sidang bisa dilakukan meski unsur persidangan tidak berada dalam satu ruang sidang ,untuk sidang secara online ini telah kami laksanakan sejak senin 30 Maret 2020 sampai dengan kamis 02 April 2020 sudah ada total 153 Berkas perkara yang dilakukan penuntutan melalui persidangan secara Online ini  ," kata Yudi, Jumat (03/04).

Ia menambahkan, wabah Covid-19 sangat berdampak terhadap semua aktivitas dan pelayanan di jajaran pemerintah dan masyarakat. 

Semua warga negara tanpa terkecuali diminta untuk melakukan physical distancing, menghindari kerumunan, keramaian dan menjaga jarak.

Termasuk proses persidangan yang biasanya di pusatkan di Pengadilan Depok sekarang diganti secara online atau dengan metode jarak jauh.

“Sidang secara online ini akan berlangsung sampai batas waktu yang belum ditentukan, melihat perkembangan Covid-19. Semoga akan segera berakhir,” harapnya

Sejauh ini, proses sidang online tersebut belum ada kendala yang dialami. Kajari menyatakan, pihaknya hanya perlu mengantisipasi listrik padam atau jaringan internet mengalami gangguan pada saat sidang berlangsung.

"Yang jelas, kami tetap berupaya untuk memastikan sidang berjalan lancar tanpa ada kendala termasuk kendala listrik dan jaringan internet," kata Kajari.