IAD Kejari Depok Bersihkan Situ Cilodong dari Sampah


Pada: Jum'at 29 Maret 2019  
 

IAD Kejari Depok Bersihkan Situ Cilodong dari Sampah

ist
Pegawai Kantor Kejaksaan Negeri Depok, turut serta dalam kerja bakti membersihkan Setu Cilodong, Tapos, Depok, Jumat (29/03/2019).

IKATAN Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan Negeri Kota Depok, dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok melaksanakan Gerakan Indonesia bersih di Situ Cilodong, Sabtu (30/3). 

Tujuannya, memotivasi dan memberikan dorongan kepada masyarakat di dalam menunjang perilaku bersih dan sehat.

Dipilihnya Situ Cilodong loaksi bersih-bersih dikarenakan sampah bisa berdampak pada banyak hal seperti kesehatan, lingkungan, pariwisata dan masa depan anak-anak. 

Selain itu, Situ Cilodong diprogramkan destinasi wisata baru di wilayah tersebut. Di Situ Ciolodong akan dijadikan arena permainan anak, bola air, pancing-pancingan ikan, dan kereta-keretaan, dan bebek-bebekan.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Depok Sufari mengatakan, Gerakan Indonesia bersih yang diadakan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Negeri Kota Depok bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok agendanya antara lain melaksanakan kegiatan membersihkan sampah di Situ Cilodong

Sufari menjelaskan bahwa maksud dan tujuan dari misi ini adalah. untuk memperbaiki dan membangun etos kerja dan gotong royong serta membangun budaya bersih dan sehat dimana Situ Cilodong sekarang menjadi faforit tempat bermain dan wisata masyarakat sekitar.

Menurutnya, kegiatan semacam ini, akan juga dilaksanakan secara rutin oleh Ikatan Adhyaksa Dharmakarini. 

“Sebab program ini adalah: menjalankan pendidikan karakter, upaya peningkatan kualitas keluarga, melakukan kegiatan pemberdayaan sosial budaya,” pungkasnya.

Kepala bidang Kebersihan DLHK Kota Depok Iyay Gumilar mengatakan 2 truk  mengangkut sampah dari Situ Cilodong. “ Dua truk sampah sudah terangkut dari Situ Cilodong , Kota Depok. Namun masih belum semua tumpukan sampah diangkut ke tempat pembuangan sampah akir (TPA) dari Situ tersebut, “ katanya Minggu (31/3).

Situ Cildong dipenuhi tumpukan sampah yang dibuang warga sekitar bisa menumbat aliran Situ dan menimbulkan banjir bandang yang berimbas ke sejumlah perumahan di Kecamnatan Cilodong.

Untuk itu, pihaknya bersama Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan Negeri Kota Depok Sabtu (30/3), melakukan pengangkutan sampah di aliran Situ Cilodong. Sebab, tumpukan sampah yang didominasi sampah rumah tangga, dan sampah plastik itu datang dari hulu dan terlihat menumpuk areal Situ. 

"Inikan sampah yang menumpuk didominasi dari rumah tangga dan industri, menyumbat aliran Situ bisa berpotensi menimbulkan banjir bandang," ujar Iyai.

Selain Situ Cilodong, Situ Pengarengan di Jalan Insinyur Haji Juanda, Sukmajaya juga banyak tumpukan sampah rumah tangga dan pasar yang menyumbat aliran Situ. Ketika hujan dengan intensitas lebat turun, debit air akan meningkat sehingga air akan meluap. 

"Kalau aliran tersumbat, debit air naik jebol ke bawah, itu yang bakal jadi banjir bandang ketinggian air bisa 80 sentimeter," jelas dia.

Dia menambahkan, adapun imbas banjir melanda sejumlah perumahan yang berada di aliran Situ Pengarengan dan Kali baru Taman Duta Jumlah perumahan mancapai 8 perumahan. 

"Perumahan yang terdampak diantaranya, Perumahan Taman Duta, Perumahan Pondok Duta I, II, Perumahan Mutiara Duta, serta Perumahan Bukit Cengkeh I dan II," kata Iyay.